Inilah Penyebab Utama Diabetes Yang Wajib Di Waspadai

cara mengobati diabetes
penyebab utama diabetes

Penyebab Utama Diabetes , Sebelum mengupas lebih jauh mengenai penyebab penyakit diabetes, ada baiknya kita memahami dulu definisi dan tipe-tipe diabetes yang ada. Penyakit Diabetes Melitus (kencing manis) pada dasarnya adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami gangguan metabolisme penyerapan gula. Ini bisa terjadi karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin secara cukup, atau bisa juga karena sel-sel yang berfungsi menyerap insulin tidak bekerja secara optimal. Akibatnya, kadar gula di dalam darah meningkat pesat.
Adapun tipe diabetes melitus dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Diabetes Tipe I, Diabetes Tipe II, dan Gestasional Diabetes.
Berikut adalah faktor penyebab penyakit diabetes yang paling utama:
  • Usia. Semakin tua usia seseorang, maka kemampuan dan kinerja organ-organ dalam tubuh kita pun akan semakin melemah. Wajar jika bertambahnya usia akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.
  • Pola makan. Kebiasaan makan kita sehari-hari sangat berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya resiko seseorang terkena diabetes. Mereka yang sering mengonsumis makanan berlemak dan karbohidrat secara berlebihan sangat beresiko menderita penyakit diabetes.
  • Obesitas. Masih ada hubungannya dengan pola makan. Jika seseorang sudah sampai mengalami obesitas, maka potensi terganggunya kinerja insulin akan semakin besar, karena timbunan lemak yang berlebihan akan mengganggu kerja hormon insulin.
  • Stress. Apapun pemicunya, tekanan mental atau stress dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang secara langsung menjadi pemicu meningkatnya resiko terkena penyakit diabetes.
  • Aktifitas fisik. Semakin sedikit aktifitas fisik yang kita lakukan, maka semakin sedikit pula gula dalam tubuh kita dipakai untuk diubah menjadi energi. Akibatnya terjadi penumpukan gula di dalam tubuh yang membuat resiko terkena diabetes semakin besar.
  • Keturunan. Meskipun faktor keturunan relatif lebih kecil dibanding faktor-faktor lainnya, namun mereka yang keluarganya mempunyai sejarah terkena diabetes akan memiliki resiko terkena dibates lebih tinggi.
  • Jenis kelamin. Pada umumnya wanita lebih beresiko menderita penyakit diabetes dibanding pria.
Pada kehidupan masyarakat modern saat ini, pola makan dan kebihasaan yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu utama tingginya penderita penyakit diabetes, terutama di daerah urban. Kebiasaan makan dan minun enak serta aktifitas tidak sehat seperti begadang, terlalu banyak duduk dan stres telah membuat penyakit diabetes sebagai penyakit yang paling banyak di derita selain penyakit jantung dan stroke, baca Cara Mengobati Diabetes .

Ditulis oleh:
Label : Diabetes

Post a Comment